Backup Data Aplikasi Dengan Fitur Bawaan Android

Masalah backup dan restore data ini memang penting, untuk urusan ini biasanya dipisahkan setiap tipe datanya, misalnya saja untuk SMS yang ada aplikasinya sendiri untuk mem-backup dan me-restore percakapan dan WhatsApp yang menyediakan fitur backup dan restore dalam aplikasinya. Tapi bagaimana dengan Androidnya sendiri?

Apakah Android punya fitur backup dan restore untuk mengamankan data-data penting kita? Jelas punya dong, Android punya fitur ini untuk mengamankan data aplikasi, password WiFi, dan pengaturan Android lainnya. Manfaatnya adalah ketika kamu install ulang atau bahkan ganti device, maka kamu nggak perlu lagi mengingat aplikasi apa saja yang diinstall di device lama atau ketika mau nyambung ke hotspot rumah nggak perlu memasukan password lagi.
Sayangnya masih sedikit yang sadar akan pentingnya backup dan restore, wong data SMS saja banyak yang nggak diamankan ketika mau install ulang, padahal kan SMS itu berisi kenangan tak ternilai.
Apalagi fitur bawaan Android yang satu ini, banyak yang belum sadar akan keberadaannya. Padalah ini kan salah satu bentuk kecerdasan smartphone, bukan cuma buat Facebook-an dan Twitter-an.
backup-restore-android
Untuk mengaktifkan fitur ini kamu tinggal masuk ke Settings -> Backup & reset. Di situ juga ada pilihan Automatic restore yang mengurangi kerjaan kamu ketika menginstal ulang sebuah aplikasi, karena semua datanya akan dikembalikan lagi secara otomatis.
Kalo kamu ganti device, yang penting akun Google yang dipakai sama. Nanti semua aplikasi yang teristall di device lama akan terinstall juga di device baru sekaligus pengaturannya.

0 komentar:

Post a Comment